Jumat, 08 April 2016

Groupset Dura Ace VS Ultegra VS 105


Banyak dari kita yang menggemari balap sepeda (road bike) kebingungan menentukan grupset apa yang benar-benar pas dengan keinginan kita. Grupset adalah komponen yang sangat vital pada sepeda, grupset pada sepeda balap secara umum terdiri dari Crankset, Chainrings, FD, RD, Shifter, Brake.
Kenapa Grupset sangat vital dalam roadbike? jawabanya sangat sederhana yaitu bobot,kekuatan dan performa. Kali ini zonasepeda mencoba memberikan tips memilih Grupset yang sesuai dengan kebutuhan anda. Grupset yang kami review kali ini adalah grupset keluaran Shimano terutama bagian crankset.
Tidak diragukan lagi Shimano konsisten mengeluarkan produk-produk Grupset roadbike (sepeda balap), dari berbagai sumber yang kami dapat Shimano grupset terdapat sekitar 8 jenis yang paling banyak beredar dipasaran dalam negeri yaitu:
1. Shimano 2200
2. Sora
3. Tiagra
4. 105
5. Ultegra
6. Ultegra SL
7. Dura-Ace Track
8. Dura Ace 7900
Shimano 105, Ultegra dan Dura-Ace adalah produk andalan shimano untuk grupset roadbike. Zonasepeda mencoba mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk melakukan komparasi diantara ke tiga crankset grupset tersebut.
Shimano DuraAce

Dura Ace vs. Ultegra
Yang paling mendasar dari kedua grupsets ini ada pada gigi transmisi depan lebih dikenal dengan chainrings, Dura-Ace memiliki banyak pilihan jenis chainrings ada yang 3 gir dan 2 gir, sedangkan Ultegra hanya tergiri dari 2 gir. Shimano juga telah mengeluarkan pembading Dura-Ace dari seri Ultegra yaitu Ultegra SL dengan warna hitam carbon.
 
Shimano Ultegra

Analisis:
Berat/Bobot :
Perbedaan berat antara Dura-Ace dan Ultegra sekitar 221g lebih ringan Dura-Ace. Jika anda seorang pembalap profesional atau mencoba menuju kearah tersebut, kita harus benar-benar memikirkan pemilihan besarnya gir depan yang kita pake, chain rings dan panjang lengan pedal (crank lengths).
Performance/kemampuan:
Beberapa pembalap dan mekanik pasti menyarakan Dura-Ace karena bobotnya yang lebih ringan, konstruksi yang kokoh dan sangat mudah proses tuningnya (penyetelan). Untuk pemula Ultegra sudah cukup untuk dijadikan pilihan.
Harga:
Jelas tidak diragukan lagi dari spesifikasi diatas Dura-Ace pastilah lebih mahal, banyak dari pembalap menyampingkan berat crankset. Dengan perbedaan berat yang tidak signifikan dan harga lebih murah Ultegra layak dijadikan pilihan (sesuikan dengan cost/budget anda).

Shimano 105
Ultegra vs. 105
Perbedaan mendasar antara Shimano 105 dan Ultegra adalah berat dan banyaknya gigi pada chainrings, Shimano 105 menyediakan chainrings yang lebih besar dibandingkan dengan Ultegra.

Analisis:
Berat/Bobot:
Perbedaan berat antara Ultegra dan 105 kurang lebih 230g lebih ringan Ultegra. Perbedaan berat paling mendasar adalah pada bobot crankset.
Performace/kemampuan:
Pemabalap profesional road bike pastilah menyarakan menggunakan Ultegra dengan bobot Crank yang lebih ringan, jika disesuaikan dengan kebutuhan apabila kita menyukai accelarasi Ultegra layak dijadikan pilihan tapi jika lebih untuk speed jarak jauh 105 bisa dipertimbangkan
Harga:
Selisih diantara keduanya kurang lebih $150, sesuaikan dengan kebutuhan untuk roadbike anda. Ultegra layak dijadikan pilihan selain harga yang berbanding tipis kemampuan crankset dapat mengakomodir kebutuhan kita.

Kesimpulan:
Untuk komponen grupset lainnya seperti FD, RD, Shifter dan Brake 3 produk diatas hampir serupa. Untuk Shifter ke-3 nya sudah mengaplikasi dual-control sistem (STI Dual kontrol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar