Jumat, 22 April 2016

Belajar Elektronika Dasar



Elektronika adalah cabang ilmu yang mempelajari berbagai macam alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan menggunakan cara mengontrol aliran elektron atau partikel yang memiliki muatan listrik dalam suatu alat seperti peralatan elektronik, komputer, semikonduktor, dan beberapa alat lainnya.
Elektronika terbagi menjadi beberapa cabang, mulai dari elektronika dasar, elektronika analog, elektronika digital, elektronika industri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua cabang-cabang tersebut sebenarnya sudah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya. Anda bisa mencarinya melalui navigasi yang tersedia.

Artikel Tentang Elektronika

Elektronika dasar membahas semua tentang dasar-dasar elektronika mulai dari teori-teori elektronika mulai dari teori atom, elektron, arus, tegangan, daya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Elektronika dasar juga membahas mengenai komponen elektronika baik itu komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif.

Komponen elektronika aktif adalah komponen elektronika yang dalam penggunaannya memerlukan arus listrik. Sebaliknya, komponen elektronika pasif adalah komponen elektronika yang dalam penggunaannya tidak memerlukan arus listrik. Dua jenis komponen tersebut selalu digunakan dalam membuat sebuah rangkaian elektronika.
Dalam dunia elektronika, kita juga mengenal yang namanya elektronika analog dan elektronika digital. Elektronika analog berkaitan dengan pemrosesan sinyal kontinyu atau sinyal analog. Sedangkan elektronika digital berkaitan dengan pemrosesan sinyal diskrit atau sinyal digital yang dinotasikan dengan bilangan 0 dan 1.

ANALISIS:
Tak hanya itu saja, kita juga mengenal yang namanya elektronika industri dan elektronika daya. Elektronika industri berkenaan dengan otomasi dan instrumentasi industri seperti PLC dan penumatic. Sedangkan elektronika daya sangat erat kaitaannya dengan arus kuat dan perubahan arus baik dari AC ke AC, AC ke DC, DC ke AC, sampai DC ke DC.


Demikian informasi mengenai artikel tentang elektronika dasar. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat juga inspirasi bagi para pembaca setia


SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar