Selasa, 07 Juni 2016

Rangkaian Digital



Rangkaian Digital adalah rangkaian yang merepresentasikan sinyal masukkan maupun keluarannya dengan menggunakan logika nilai diskrit. Logika nilai diskrit sendiri terdiri dari 2 kondisi yaitu kondisi di mana sebuah rangkaian bernilai 0 atau tidak beroperasi dapat disebut sebagai kondisi LOW, dan kondisi di mana sebuah rangkaian bernilai angka 1 yang mempunyai arti bahwa rangkaian tersebut sedang beroperasi. Bahasa logika/biner ini adalah bahasa satu-satunya yang dapat dimengerti oleh mesin, maka itulah untuk memberikan tingkat efisiensi dan efektifitas dari sebuah mesin maka diaplikasikanlah system digital. Rangkaian digital sendiri dapat terbagi menjadi 2 sifat, yaitu rangkaian kombinasional dan rangkaian sekuensial.

Gambar Skema Rangkaian Digital

Rangkaian Digital
Pada rangkaian digital sendiri kita dapat menemui gerbang-gerbang dasar logika yang pada dasarnya berfungi sebagai pemroses inputan sebelum masuk ke output. Gerbang dasar logika dapat dilambangkan dengan AND(pengali), OR(penjumlahan), NOT(negasi), dan gerbang-gerbang lain dari hasil kombinasi gerbang logika dasar. Untuk memudahkan perubahan rangkaian digital dari analog, agar lebih mudah dibaca oleh mesin maka pada suatu rangkaian digital harus diterapkan rangkaian kombinasional yaitu rangkaian BCD (Binary Code to Desimal). Rangkaian BCD mempunyai prinsip kerja yaitu mengubah representasi kode desimal menjadi bahasa logika biner. BCD biasa dipresentasikan oleh 4 bit biner yang nantinya setiap biner mewakili perhitungan untuk konversi menjadi bilangan desimal.
Kekurangan dari system rangkaian digital sendiri meliputi dari, banyaknya energy daya yang dibutuhkan untuk mengubah kode decimal menjadi kode mesin ataupun kode biner. Selain itu rangkaian digital mempunyai komponen-komponen yang kebanyakan berbentuk IC (Integrated Circuit) yang di dalamnya terdapat kumpulan gerbang logika-logika, yang pada umumnya komponen ini sangat rapuh dan butuh biaya yang cukup mahal untuk menggantikan komponen IC.

 ANALISIS:
Dalam segi keunggulannya rangkaian digital ini hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mengkonversi data decimal ke dalam bahasa mesin yang hanya menggunakan kapasitas memori lebih efisien. Selain itu dari segi keunggulan, network interface juga merupakan nilai tambah bagi rangkaian digital.
Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian digital, semoga artike rangkaian ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Lampu LED, Rangkaian Paralel dan Seri, Rangkaian Seri dan Rangkaian Listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar