Selasa, 07 Juni 2016

Perbedaan Tegangan AC dan DC

AC dan DC, juga dikenal sebagai arus bolak-balik dan dan arus secarah, adalah dua tipe dasar dari sinyal arus. Sinyal tegangan AC adalah sinyal di mana daerah bersih di bawah kurva tegangan waktu adalah nol sedangkan tegangan DC adalah aliran searah dari muatan listrik.
Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu tegangan AC dan tegangan DC, aplikasi mereka, bagaimana tegangan AC dan tegangan DC dihasilkan, definisi tegangan AC dan DC tegangan, kesamaan antara kedua, dan akhirnya perbedaan antara tegangan AC dan tegangan DC.

Tegangan AC

Meskipun, istilah AC adalah singkatan dari Alternating Current, itu biasanya digunakan untuk menunjukkan istilah “bolak balik” saja. tegangan AC adalah tegangan di mana daerah bersih di bawah satu siklus adalah nol.
Advertisement
Ttegangan AC dapat mengambil bentuk seperti gelombang sinusoidal, persegi, bergerigi, segitiga dan berbagai bentuk lainnya. Jenis yang paling umum dari tegangan AC adalah tegangan sinusoidal. Perangkat seperti dinamo adalah sumber utama tegangan AC.
tegangan AC yang umum digunakan pada jaringan listrik nasional karena mereka relatif mudah untuk memproduksi dan mendistribusikan. Nikola Tesla adalah ilmuwan perintis dibalik pembuatan jalur transmisi AC. Sebagian besar jalur transmisi AC menggunakan salah sinyal frekeuansi 50 Hz atau 60 Hz.
Arus bolak mudah diproduksi dalam segala bentuk pembangkit listrik seperti pembangkit hidro, pembangkit listrik tenaga nuklir, batubara, diesel, dan bahkan pembangkit tenaga angin. Sebagian besar hari ini peralatan dioperasikan dengan tegangan AC, tapi ketika tegangan DC diperlukan, AC – konverter DC dapat digunakan untuk memperoleh tegangan DC.

Tegangan DC

tegangan DC adalah tegangan di mana muatan berjalan hanya dalam satu arah. Setiap pola tegangan yang tidak memiliki – daerah nol bersih di bawah tegangan – kurva waktu dapat diidentifikasi sebagai tegangan DC.
tegangan DC diproduksi dalam perangkat seperti panel surya, termokopel dan baterai. Beberapa perangkat memerlukan sangat halus tegangan DC untuk beroperasi. Perangkat seperti komputer menggunakan tegangan DC untuk beroperasi. Dalam kasus di mana tegangan DC yang diperlukan, AC – DC adapter (konverter) bisa digunakan untuk keperluan ini.

Apa perbedaan antara tegangan AC dan Tegangan DC?

  1. tegangan AC lebih mudah untuk diproduksi daripada tegangan DC.
  2. Tegangan AC dapat dengan mudah diubah dan ditransmisikan, tapi tegangan DC sulit untuk diubah; Oleh karena itu mereka sulit untuk mengirimkan.
  3. Komponen aktif seperti induser, kapasitor, transistor, dan amperemeter menanggapi tegangan AC dengan cara yang berbeda dari tegangan DC.
  4. Sebuah kapasitor akan meneruskan tegangan AC, tapi akan memblokir sinyal DC sedangkan induser akan melakukan sebaliknya.
  5. Daerah bersih di bawah tegangan – kurva waktu dari sinyal AC adalah nol sedangkan tidak nol untuk sinyal DC.


SUMBER :
http://artikeltop.xyz/perbedaan-tegangan-ac-dan-dc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar